Kelonggaran LTV Pacu Kinerja Leasing

SURABAYA–Melemahnya ekonomi nasional berimbas pada menurunnya kinerja perusahaan pembiayaan ( leasing ). Sebab itu, kebijakan pemerintah lewat kelonggaran LTV ( loan to value ) atas pembiayaan kendaraan diharapkan bisa mendongkrak kembali pasar yang lesu.

Menurut Krisdianto, Head of Region Jatim PT Adira Multi Dinamika Tbk (Adira Finance), saat ini kondisi pasar kendaraaan bermotor menurun baik roda dua maupun roda empat. Akibatnya penyerapan leasing tahun ini diperkirakan menurun 10-15 persen.

Penurunan terbesar terjadi pada segmen kendaraan niaga jenis truk akibat pengetatan ijin tambang di beberapa daerah di Jatim. Hal itu menyebabkan konsumen banyak beralih ke kendaraan niaga jenis pick-up meskipun tidak signifikan.


“Namun kami tetap optimis target Rp 4 triliun tahun ini bisa tercapai. Sementara pada tahun lalu kami mampu menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 4,5 triliun,” ujar Krisdianto kemarin.

Dikatakan, optimisme tersebut cukup beralasan. Pasalnya pemerintah sejak 1 September 2015 lalu, sudah mengeluarkan kebijakan kelonggaran LTV dimana uang muka kredit kendaraan bermotor yang semula 30 persen menjadi 20 persen. (fix/rif)

Posting Komentar